NAMA : PUTRI DINI YANTI
KELAS : 3EA07
NPM 17213005
TUGAS : SOFTSKIL B.INDONESIA 2
“ANALISIS PEMILUKADA DKI JAKARTA"
"Tahun 2017-2022”
"Tahun 2017-2022”
Beberapa
pekan lalu dan hingga saat ini ibukota Negara kita yaitu DKI Jakarta sedang
melaksanakan perhelatan akbar lima tahunan,dan sangat menarik melihat
pelaksanaan Pilkada dikota Metropolitan kai ini,terutama dalam hal peta
persaingan kandidat calon Gubenur DKI Jakarta.
Terdapat tujuh pasangan calon yang akan siap bertarung dan meramaikan ajang
menuju DKI 1.salah satu hal yang menarik dari Pilkada DKI Jakarta tahun 2017
ini adalah ketujuh kandidat terdapat tiga pasang calon yang saat ini menjabat
sebagai kepala daerah masing-masing. Berikut adalah ke tujuh pasangan
calon Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 berdasarkan nama-nama yang mempunyai
keinginan untuk ikut ambil bagian dalam pesta demokrasi di DKI Jakarta semakin
mencuat. Nama-nama beken yang sepertinya berpeluang untuk menjadi calon
Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 adalah
1. Tri Rismaharini,
2. Sandiaga S Uno,
3. Ridwan Kamil,
4. Basuki Tjahaya Purnama,
5. Djarot Saiful Hidayat,
6. Adhyaksa Dault,
7. Muhamad Idrus.
Berikut profil singkat
nama-nama yang sering disebut akan bertarung di Pilkada DKI Jakarta:
·
Tri Rismaharini
merupakan Wali Kota Surabaya wanita pertama, lahir di Kediri 20 November 1961.
Perempuan yang biasa di sapa Risma ini mengenyam pendidikan di Institut
Teknologi Surabaya, dengan Jurusan Arsitektur lulus tahun 1987, untuk Gelar
Magisternya Risma mengambil Manajemen Pembangunan Kota Surabaya ITS Surabaya
lulus tahun 2002.
·
Kemudian Sandiaga S
Uno, Pria kelahiran Rumbai Pekanbaru 28 Juni 1969 saan ini menjabat sebagai
Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) menggatikan
Prabowo Subianto yang sebelumnya menjabat. Selain itu Sandiaga Uno juga
menjabat sebagai Wakil Dewan Pembinan Parta Gerakan Indonesia Raya,
pendidikannya ditempuh di luar negeri yaitu tahun 1990 Bachelor of Business
Administration, The Wichita State University, Kansas, AS. Dan tahun1992 Master
of Business Administration, The George Washington Univ Washington, AS.
·
Ridwan Kamil atau biasa
di sapa Kang Emil ini lahir di Bandung 28 Juni 1971. Menempuh pendidikan S1 di
Institut Teknologi Bandung Jurusan Teknik Arsitektur, S2 di Universitas of
California Master of Urban Design. Saat ini Kang Emil masih menjabat sebagi
Walikota Bandung, di dunia maya atau Sosial Media Kang Emil ini sangat aktif
dalam merespon para pengikutnya baik di Twitter maupun di Facebook.
·
Basuki Tjahaja Purnama
atau Ahok, Pria yang dikenal keras ini dilahirkan di Manggar Bangka Belitung 29
Juni 1966, S1 nya di tempuh di Universitas Trisakti Jakarta tahun 1990 dengan
mengambil jurusan Teknik Geologi, sedangkan Pascasarjanya ditempuh di Sekolah
Tinggi Manajemen Prasetya Mulya Jakarta lulus tahun 1994 dengan jurusan
Manajemen Keuangan. Saat ini ahok menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta setelah
Gubernur Sebelumnya yaitu Joko Widodo terpilih menjadi Presiden.
·
Djarot Saiful Hidayat
adalah politisi Partai Demokrasi Perjuangan ini dipilih oleh ahok sebagai
patnernya untuk menyelesaikan tugas sebagai wakil gubernur, Pengalaman politik
juga pernah menjabat Walikota Blitar 2 Periode yaitu 2000-2005 dan 2005-2010
dan Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan tahun 2014. Djarot Saiful Hidayat
dilahirkan di Gorontalo, 30 Oktober 1955. S1 nya diperoleh di Universitas
Brawijaya Malang Fakultas Ilmu Administrasi 1986 sedangkan S2 nya mengambil
konsentrasi Ilmu Politik di Universitas Gajah Mada tahun 1991
·
Selanjutnya adalah
Menteri Pemuda dan Olahraga di Era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini
dilahirkan di Donggola Sulawesi Tengah 7 Juni 1963. Saat ini Adhyaksa Dault
Dipercaya untuk mengetuai Kwartir Nasional yang mengelola gerakan Pramuka di
tingkat Nasional. Untuk pendidikannya S-1 Fakultas hukum Universitas Trisakti,
S-2 FISIP Universitas Indonesia, dan S-3 Teknik kelautan Institut Pertanian
Bogor.
·
Terakhir adalah Muhamad
Idrus yang biasa dipanggil Bang Idrus ini merupakan pria yang lahir di Jakarta
pada 28 Maret 1978 diantara yang lainnya Bang Idrus ini tergolong muda, 37
tahun/dibawah 40 tahun dan asli putra daerah dari Cilincing, Kalibaru DKI
Jakarta. Bang Idrus mengenyam pendidikan di Universitas Indonesia, Fakultas
Teknik Metalurgi. Bang Idrus sendiri merupakan seorang pengusaha muda, beliau
adalah pemilik perusahaan Kinan Group, Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Jakarta,
Komisaris Independen Asuransi Mitra Maparaya Tbk, dan saat ini Idrus merupakan
Ketua Umum APVA (Asosisasi Pedagang Valuta Asing) Indonesia.
Melihat
semua kandidat diatas merupakan bintang – bintang dari panggung poitik yang
memang sudah mempunyai nama dan trackrecord yang tidak perlu di ragukan lagi.
Ketujuh pasangan calon tersebut siap beradu strategi politik untuk mewujudkan
mimpi menjadi orang nomor 1 di DKI Jakarta. Berdasarkan pemamaparan diatas maka
dalam hasil data yg di peroleh ini penulis ingin mengupas tentang “ Strategi pemenangan calon
Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI jakarta 2017“
Problem
politik dapat dikaji melalui beberapa macam pendekatan,mulai dari sudut pandang
kekuasaan,struktur politi,partisipasi politik,budaya politik,konstitusi,pendidikan
dan sosialisasi politik serta political marketing ( pemasaran politik ). Namun
dalam penerapannya para politisi dalam mempengaruhi para pemiilih lebih
cenderung menggunakan metode pemasaran politik. Pemasaran politik dengan cara
kampanye politik untuk mempengaruhi pemilih dan konsituen yang akan membentuk
suatu rangkaian makna politik secara otomatis di dalam pikiran para pemilih
dalam manjatuhkan pilihannya,makna politis inilah yang kerap dilakukan
oleh beberapa pasangan dalam pemilukada DKI Jakarta yang menjadi salah
satu strategi pemenangannya.
Bagi
masyarakat DKI Jaya sendiri pemasaran politik dalam pemilukada DKI
Jakarta dapat membantu dan memudahkan masyarakat dalam menentukan
pilihannya,dengan adanya persaingan antara kandidat calon Kepala Daerah masing
– masing kandidat mencoba bersaing untuk mempengaruhi opini public,ramai dan
intensnya aktivitas marketing membuat kandungan informasi yang disampaikan
kepada public juga semakin besar,komunikasi massa yang dilakukan kandidat calon
kepala daerah membuat masyarakat semakin mudah mendapatkan informasi dan data
tentang semua hal,mulai dari hak dan kewajibannya sebagai warga Negara,latar
belakang kandidat calon kepala daerah,program kerja,isu-isu terkini sampai
peraturan-peratutan yang terkait dengan kehidupan politik.sehingga melalui
pemasaran poitik. Oleh karena itu, dalam pemaparan diatas penulis ingin
mengambil objek salah satu kandidat yaitu “Basuki TJahaja Purnama".
Berdasarkan data yang di peroleh dan kita akan membahas, bagaimanakah strategi
pemenangan yang dilakukan oleh pasangan calon Gubernur DKI Jakarta Basuki
Tjahaja Purnama :
1.
Menakar Peluang Basuki Tjahaja Purnama
Pakar
psikologi politik dari Universitas Indonesia, Hamdi Muluk, mengatakan Gubernur
DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tetap berpeluang memenangi pemilihan
Gubernur DKI Jakarta pada 2017 walaupun maju dari jalur independen. Hal itu
karena tren pemilih sekarang cenderung melihat kandidat dari sisi personalnya."Pemilih
lebih melihat siapa yang maju, bukan mobilisasi partai," ucapnya dalam
acara diskusi dengan tema "Menakar Peluang Ahok Maju sebagai Calon Independen"
di Balai Kota, Jumat sore, 26 Juni 2015.Contohnya, ujar dia, pada pilkada DKI
2012. Saat itu Joko Widodo dan pasangannya, Ahok, bisa memenangi kompetisi.
Padahal, tutur dia, pasangan tersebut tak mendapat banyak sokongan partai
politik.
Selain itu, pemilih, kata Hamdi, condong memilih
kandidat yang memiliki kemampuan dan integritas. "Dua faktor tersebut yang
harus dipunyai saat kampanye," ucapnya.Sementara itu, Wakil Ketua Dewan
Perwakilan Rakyat Daerah Jakarta Muhammad Taufik ragu Ahok bisa memenangi
pilkada DKI pada 2017. Musababnya, ujar dia, Ahok telah melanggar banyak
aturan.Dia mencontohkan, salah satu kegagalan dalam kepemimpinan Ahok ialah
rendahnya serapan anggaran hingga saat ini, yakni kurang dari 20 persen. Selain
itu, tutur Taufik, Ahok sewenang-wenang karena mengancam pegawainya sendiri.
"Partai kami pun tak akan menerima Ahok kembali," katanya.Semenjak
Ahok berseberangan dan keluar dari Partai Gerakan Indonesia Raya, belum ada
satu partai pun yang berhasil merekrut Ahok sebagai kader. Jika Ahok akan maju
lagi dalam pilkada DKI 2017, dia harus bergabung dalam partai politik atau maju
melalui jalur independen.
2. Strategi Pemenangan/pemasaran Basuki Tjahaja Purnama
Strategi pemasaran politik berbeda dengan pemasaran komersial yang menjual
partai atau kandidat kepada pemilih sebagai proses transaksional. Pemasaran
politik disini merupakan konsep yang menawarkan bagaimana sebuah partai politik
atau kontestan bisa membuat program yang berhubungan dengan prmasalahan actual
masyarakat, namun juga sesuai dengan visi misi,tujuan,dan platform partai.
Strategi pemasaran AHOK dapat kita lihat dibawah ini:
1
|
Strategi
political marketing
|
|
2
|
Political
produk mix
|
|
3
|
Political
produk delivery
|
|
Penjabaran:
- strategig political Marketing : merupakan proses penyusunan nilai-nilai inti yang sesuai dengan aspirasi para pemilih tertentu,namun juga sesuai dengan visi misi dan sumber daya kontestan pemilu.strategig polital marketing tersebut trdiri dari tiga tahapan
- segmentating : segmentasi dari agama yang ingin merangkul semua kalangan hal tersebut bisa dilihat dari basic agama antara basuki thajaya purnama. segmentasi Ahok yang mencuri perhatian masyarakat menengah kebawa dan pedagang kaki lima menjanjikan akan mengatasi masalah banjir dan penertiban pedagang kaki lima tanpa kekerasan serta kemacetan di DKI Jakarta.
- targeting :memang tidak semua segmentasi harus dijadikan target,ada beberapa kelompok di kalangan atas pula yang dibidik oleh ahok untuk memenangkan pilkada di DKI Jakarta,
- positioning :AHOK berhasil memposisikan dirinya sebagai satu-satunya calon yang berbeda dengan lainnya,misalkan slogan yang dipakai oleh AHOK yaitu dia menyebutnya “ KOALISI RAKYAT “
- polical product mix :merupakan proses penyusunan produk politik (kebijakan) yang akan disampaikain kepada media massa,influence group,political product mix terdiri dari:
·
policy :kebijakan yang dibawa oleh ahok adalah
sangat relevan dengan permasalahan yang dihadapi oleh warga kota jakarta saat
ini,msalkan,ahok bisa mengatasi banjir dll.
·
Person : kapabilitas seorang ahok memang tidak
perlu diragukan lagi kesuksesan AHOK dalam
memimpin jakarta menjadi sebuah bukti dimana ia berhasil pimpin sebelumnya
·
Party : memita dukungan multy partai
- political product delivery: merupakan penentuan strategi dan media yang digunakan untuk menyampaikan produk politik kepada pasar yang terdiri dari media massa dan influence group sebagai pasar pemilih sebagai pasar tujuan akhir .strategig product politik terdiri dari:
·
push markting : dalam tahap ini ahok sring
melakukan kampanye terbuka denga menampaikan visi misi dan program dihadapan
masyarakat ketika menghadiri berbagai macam undangan peringatan mauled nabi
misalnya
·
pull marketing:dalam tahap ini ahok memanfaatkan peran media massa untuk membangn citra yang baik,yaitu dengan
cara memberikan kesempatan bagi media massa untuk melakukan berbagai macam
liputan ketika ahok melakukan berbagai macam kegiatan dan kunjungan,salah
satunya saat melakukan kunjungan kepasar-pasar tradisional engan mnggunakan
kemeja kotak-kotak merah,selain memanfaatkan media massa ahok juga
memanfaatkan tekonologi dengan cara membuat websiteuntuk pemenangan dirinya
·
pass marketing : sejauh ini ahok telah mampu meraih berbagai macam dukngan yang dating dari influencer
group,dari tokoh politik nasional,seniman bahkan para artis ibukota.
3.kampanye dan money potitik
Kampanye yang seharusnya menjelaskan visi,misi serta program yang kelak
akan dilakukan olehpasangan calon bila terpilih nyatanya kurang sekali
dikemukakan dalam setiap kampanye,pemasangan atribut juga overleaping antara
satu dengan lainnya,seluruh kandidat memang memanfaatkan media apapun untuk
bisa meingkatkan popularitasnya ditengah-tengah asyarakat. Bahkan money
politicpun bisa menjadi salah satu cara untuk memenangkan para kontestan
pemilu,hak warga dibajak oleh para kandidat.mengingat bahaya politik uang
terhadap keberlangsungan demokrasi maka Mahkamah Konstitusi ( MK ) menjadikan
salah satu alas an hasil pilkada dibeberapa daerah kerena merupakan pelanggaran
yang bersifat sistemis terstruktur dan massif.
Analisan terhadap putusan MK
memperlihatkan berbagai modus praktek politik uang minimal ada 3 bentuk.
- Politik uang secara tunai: memberikan sejumlah uang kepada pemilih untuk tujuan memberikan dukungan kepada kontestan pemil tertentu
- Politik uang pasca bayar : menjanjikan imbalan kepada pemilih atau kelompok masyarakat jika nantinya terpilih
- Menjanjikan pemilih sebagai relawan dimana pemilih sebagai relawan dan mendapatkan imbalan uang
Jika muncul bentuk uang
menggunakan kekusaan/jabatan,maka MK menyebut dengan Politisasi
Birokrasi.selain itu biasanya juga kontestan pemilu juga melakukan paktek jual
beli suara baik di PPS,PPK dan panwaslu sehingga menyebabkan penggelembungan
dan penggembosan suara.
Suara yang
diraih dalam pemilihan kepala daerah merupakan hasil konkret dari keseluruhan
kerja politik termasuk komunikasi politik. Strategi komunikasi politik pada
pilkada langsung bisa dikatakan sebagai strategi pemenangan kandidat. Strategi
ini bertujuan untuk mempengaruhi opini publik sehingga dapat mendukung
perolehan suara.Salah satu strategi yang digunakan adalah kampanye melalui
iklan Penggunaan media iklan perlu dipilih dengan cermat untuk menyesuaikan
dengan kondisi dan situasi khalayak. Dalam komunikasi politik, seluruh media
dapat digunakan karena tujuannya adalah membentuk dan membina pendapat umum,
serta mempengaruhi pemberi suara dalam pemilihan kepala daerah.
Iklan politik merupakan salah strategi kampanye yang efektif apabila
dibandingan dengan turun langsung ke daerah-daerah. Iklan memberikan
keleluasaan bagi kandidat untuk menunjukkan diri dan berbagai program serta
visi misi secara detail.
Kesimpulan
Kesimpulan
·
pertama,tim sukses akan mengorganisir segala kebutuhan
pencalonan candida,pemetaan kekuatan politik,perencanaan pencalonan,dnmarketing
kandidat.
·
Kedua,pemetaan kekuatan politik. Tim sukses akan
membuat survey poplaritas,pemetaan posisi kandifat,pencitraan
kandidat,penguatan mesin politik,kampanye dan media massa
·
Ketiga,follow up dari beberapa item diatas yaitu
pengatan mesin politik,riset dapat mengetahui mesin politik yang paling dekat
dengan massa,missal;lembaga keagamaan,lembaga kemasyarakatan ,dll. Tugas tim
sukses adalah melakukan propaganda dan melakukan penguatan terhadap mesin
politik agar menjadi proaktif,solid dan efektif
·
Candidat positioning: survey dapat mengambarkan citra
kadidat yang diharapkan,dan agend kerja yang diinginkan. Dari hasil survey ini
tim sukses khususnya bagian pencitraan dapat merencanakan citra dan posisi
kandidat agar dengan keinginan pemilih
·
Marketing politik dapat mengetahui posisi kandidat
dimatamasyarakat,citra pemimpin yang diinginkan masyarakat,agendakerja yang
dinginkan masyarakat,tim sukses yang merupakan bagian kampanye dan meda massa
harus memfollow up dengan membuat visi misi ,membuat materi kampanye,strategi
kampanye
SSUMBER :
SSUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar